Windows VS Mac

Windows adalah salah satu software sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Inc. Microsoft Windows adalah software sistem informasi yang paling populer untuk para pengguna PC. Tampilan Windows yang “user friendly” membuatnya menjadi pilihan utama.

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.



Kelebihan Windows
  • User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
  • Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
  • Banyak software berbasis Windows dan gampang mendapatkannya
  • Dukungan driver yang lebih banyak
  • Lebih Freedom, tidak terikat seperti mac.

Kekurangan Windows
  • Harga lisensi yang mahal
  • Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
  • Sistem keamanan yang masih dibilang kurang dan lemah
  • Sistem dan akselerasi yang kurang stabil
  • Grafisnya tak sebagus Mac

Mac adalah PC paling cantik dan canggih di dunia. Dengan menggabungkan estetika yang sangat tinggi bersama dengan teknologi yang terkini, Apple Macintosh telah membuat PC menjadi semakin Personal dan semakin mudah. Antarmuka Mac OS adalah OS yang paling ergonomik dan user friendly. Dahulu, Macintosh adalah personal computer yang menggunakan processor PowerPC buatan IBM/Motorola (G3 = IBM, G4 = Motorola, G5 = IBM) sebelumnya menggunakan 68K buatan Motorola. 68K merupakan mikroprosesor CISC, dan PowerPC merupakan mikroprosesor RISC (Reduced Instruction Set Computing). Sekarang, komputer Macintosh sedang beralih menggunakan Intel processor.

Yang membedakan arsitektur prosesor PowerPC dan prosesor lain secara umum adalah dengan adanya satu lagi fungsi pemrosesan Vector diluar fungsi pemrosesan Integer dan Floating Point seperti umumnya mikroprosesor Intel maupun AMD. Dengan Vector processing ini (disebut AltiVec) maka fungsi-fungsi pemrosesan tertentu secara umum jauh lebih cepat dibandingkan PC. Akan tetapi, keputusan menggunakan prosesor Intel oleh Apple disebabkan karena Apple berpendapat Intel memiliki roadmap kedepan yang lebih baik.




Kelebihan Mac
  1. Mac OS Tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware.
  2. High Performance. Khususnya pada Mac OS X - dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac - dengan kecepatan yang menakjubkan.
  3. User-friendly. Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic designer dan bagi mereka yang baru mempelajari komputer.
  4. Kemudahan Membeli Aplikasi. Tidak perlu repot-repot cari situs penyedia aplikasi dan software buat mac di search engine manapun, tinggal buka iTunes atau Apps Store anda sudah bisa mengunduh berbagai aplikasi dan software untuk Mac anda.

Kekurangan Mac
  1. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  2. Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Pengaruh dominansi Microsoft Windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru. Dasar pemikiran yang sama juga menjadi alasan melimpahnya aplikasi terbaru dengan system requirement Windows.
  3. Terlalu mengikat konsumen dan tidak adanya kebebasan ber-aplikasi. Kebanyakan software dan aplikasi di Mac adalah berbayar dan hanya dikembangkan oleh Apple Inc (walaupun ada yang freeware). sehingga jumlah software dan aplikasi yang tersedia tidak sebanyak windows, agak susah buat kita yang suka aplikasi dan software krack-an tapi dengan kekurangannya ini, justru membuat kita aman dari serangan virus, malware dan spyware.

 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons